RSS

Albucasis (az-Zahrawi) bapak ilmu bedah modern

17 Jan

albucasisPada abad ke 4/10/5 adalah masa dimana banyak ahli-ahli kedokteran unggulan dan luar biasa mewarnai kawasan keilmuan. Sementara Majusi pada waktu itu mendominasi wilayah kedokteran dan pengobatan di Timur, Andalusia untuk pertamakalinya memunculkan ilmuan dalam bidang kedokterannya yang hebat yaitu az-Zahrawi. Dia adalah salah satu tokoh saintis islam yang memfokuskan kajianya dibidang kedokteran dan khususnya dalam bidang ilmu bedah.

Nama lengkapnya adalah Abu al-Qasim Khalaf Ibn Abbas az-Zahrawi. Dia berasal dari Andalusia (Spanyol). Dia tidak hanya dikenal diwilayah Islam saja namun juga diwilayah Barat. Nama latinya yaitu Albucasis. Dia juga dikenal sebagai bapak ilmu bedah modern, bukan hanya itu, bahkan dia juga disebut sebagai ahli bedah pertangahan islam terhebat. Kemahiranya dalam ilmu bedah dan penemuan-penemuan alat-alat bedahnya hingga dia disebut sebagai cahaya dikegelapan masa pertengahan di Europa1.

Az-Zahrawi pada waktu itu memang meningkatkan ilmu kedokteran dan ilmu bedah melalui usaha-usahanya. Dia belajar dan mendeskripsikan atau menjelaskan tentang flora dan fauna Spanyol dan tanaman, binatang dan mineral.

Dia selain ahli ilmu bedah juga sekaligus pendidik yang ahli dan sekaligus seorang psikiater. Karya terbesarnya At-Tasrif liman ‘Ajiza ‘an Ta’lif itu menyumbangkan banyak kontribusi bagi perkembangan ilmu kedokteran masa sekarang. Buku ini adalah ensiklopedia kedokteran yang berjumlah hampir tiga puluh risalah. Karyanya yang ini terdiri dari tiga bagian2: pertama adalah pensterilan dengan cara pembakaran yang diambil dari tradisi profetis dan anjuran oleh Az-Zahrawi untuk penyakit aplopexia, yang kedua adalah operasi-oprasi yang dilakukan dengan pisau bedah dan juga operasi-operasi mata sebagaimana pembedahan oral, dan yang terakhir adalah berbagai macam bentuk luka atau keretakan dan pergeseran pada tulang. Berbagai macam topic telah didiskusikan atau disebutkan dalam at-Tasrif seperti pengobatan pada luka, pendarahan, kebidanan, pencabutan anak panah, pengobatan pada tulang-tulang yang retak pada bagian tubuh, pembukaan dan pembagian dari urat nadi atau pembuluh nadi, pengalihan urine kedalam dubur dan lain-lain. Sebagian pembahasan yang lain dipusatkan pada pengobatan bedah mata, telinga dan gigi.3

Gerrad dari Cremona menerjemahkan buku ini kedalam bahasa Latin pada abad ke 12. Dan ini menjadi buku teks utama pada bidang ilmu bedah di Europe sampai hampir lima abad. Terjemahan latinya dari diskursus satu dan dua dari At-Tasrif dipublikasikan di Augusburg pada tahun 1519. Yang mana diskursus ini berhubungan dengan klasifikasi dari 325 penyakit. Ilmu tentang gejala-gejala dan pengobatan juga telah dibahas.

Instrument-instrumen yang ditemukan oleh Az-Zahrawi yang dipakai untuk pembedahan yaitu termasuk alat pencabut gigi, catheter yaitu tabung atau pipa yang untuk dimasukan ke bagian tubuh untuk menyebarkan cairan agar jalan atau lubang bada bagian tubuh tetap terbuka. Dia juga menemukan tang atau alat penjepit yang digunakan untuk mencabut janin yang telah mati, jarum bedah, pisau bedah, sendok bedah, dan kail bedah. Sebagian besar instrument-instrumen ini ditemukan oleh dirinya sendiri dan bukan hanya itu, dia juga menjelaskan penggunaannya. Selain itu Az-Zahrawi menekankan penggunaan antiseptic pada luka-luka.

.

.

1 Editor Baharudin Ahmad “Islamic science and the contemporary world” hal 102.

2 Seyyed Hossein Nasrh “Islamic Science an Illustrated Study” hal 178.

3. Editor Baharudin Ahmad “Islamic science and the contemporary world” hal 104.

 
Leave a comment

Posted by on January 17, 2013 in Science

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: