RSS

kehidupan Plato dan teori pengetahuanya

13 Jan

plato     Seorang filosof dari Yunani yang mempengaruhi banyak pemikir selanjutnya dan menciptakan karyanya dalam bentuk dialog yaitu Plato, adalah salah satu filosof yang ikut meramaikan dunia pemikiran dan intelektual dan memberikan pengaruhnya bukan hanya di wilayah Barat, namun juga banyak filosof dari Timur terpengaruh atau mengutip pemikiranya. Plato lahir pada tahun 427/428-348 SM dan pada waktu itu ketika guru favoritnya, Socrates berumur sekitar 42 tahun. Ia terlahir dari keluarga yang ternama yaitu dari ayahnya yang bernama Ariston dan ibunya Perictione. Pengaruh besar dari bentuk pemikiranya adalah dari kehidupannya dan juga pengajaran dari Socrates. Plato mengenal dan menjadi murid Socrates dari sejak usia mudanya, dan dia sangat mencintai gurunya. Ini terbukti jika kita melihat ketika Socrates dijatuhi hukuman matinya, Plato hadir pada saat itu dan juga menyatakan keinginanya untuk menjamin pembayaran dari kebaikanya.[1] Keruntuhan Athena dan eksekusi gurunya Socrates membuatnya putus asa terhadap sistem demokrasi, dan memulai merumuskan konsep baru dari kepempiminan politik yang mana tokoh dengan pengetahuan dikombinasikan secara sesuai. Menuru Plato yang cocok untuk memimpin sebuah Negara adalah yang memang menpunyai pengetahuan yang memadai.

Plato melestarikan metode pengajaran Socrates yaitu menggunakan metode dialektik dengan  menuangkan karya-karya atau tulisanya kedalam bentuk dialog dan menghiasi perhatian moral Socrates dengan membangun sisitem filsafat metafisika dan filsafat alam dan realitasnya. Pada sekitar tahun 387 SM ketika dia berumur kira-kira 40 tahun dan telah menulis sebagian besar dialog-dialognya dia membangun akademi di Athena. Dan ini adalah universitas pertama yang muncul disejarah Europa barat, dan selama 20 tahun Plato mengurusnya dan sebagai direktur disana.

Metode dialog ini adalah metode yang paling vital dalam pengajaran dan penyampaian filsafatnya. Filsafat Plato mengalami tiga masa perkembangan:[2]

Pertama, membahas tentang tema-tema sentral, misalnya tentang mawas diri, persahabatan, keberanian, symposium, apologi, republic, dan hukum. Kedua , membahas tentang teori bentuk. Ketiga membicarakan tentang metodologi, logika, dan semantic.

 

Teori pengetahuan

Plato dalam menjelaskan tentang bagaimana pikiran manusia mencapai pengetahuan itu dengan menggunakan alegori guanya yang terkenal.

Plato meminta kita untuk membayangkan beberapa orang yang hidup disebuah gua yang besar. Sejak masa kanak-kanak merka sudah dirantai kaki dan lehernya sehingga mereka tidak bisa berpindah atau melakukan perpindahan. Karena mereka tidak bisa menengok kebelakang, mereka hanya bisa melihat apa yang ada didepan mereka saja. Dibelakang mereka terdapat elevasi yang muncul dari pernmukaan dimana mereka duduk. Diatas permuakaan itu terdapat orang yang berjalan dibelakang dan dari situ timbul bayangan-bayangan yang mereka bisa menangkap objek yang muncul akibat reflesi dari orang yang berjalan tadi maupun yang lainya.  Kemudian dibelakang orang yang berjalan tadi terdapat api, masih dibelakang lebih jauh itu terdapat sebuah pintu masuk gua tersebut. orang yang dirantai hanya dapat melihat terhadap dinding dan tidak dapat melihat apa yang ada dibelakang mereka. semua yang bisa mereka lihat adalah bayangan yang menempel didinding tersebut. jadi mereka tidak dapat melihat orang yang berjalan dibelakangnya. Ketika mereka melihat dan mendengar gema suara orang yang dibelakang mereka, mereka menganggapnya suara itu berasal dari bayangan. Karena mereka tidak menyadari kehadiran atau eksistensi apapun selain diri mereka sendiri, pada akhirnya mereka menganggap realitas itu hanya adalah bentuk-bentuk bayangan yang ada didinding gua itu.

Kemudian apa yang akan terjadi? Jika salah satu dari mereka dilepaskan rantainya dan dipaksa untuk berdiri berputar dan membuka matanya ke arah cahaya api. Pasti pergerakannya akan teramat sakit karena dia terbiasa terikat dengan rantai. Dan dia dipakasa untuk melihat objek yang tertangkap karena refleksi dari cahaya api yaitu bayangan yang terbiasa dia melihatnya. Dia akan merasa belum terbiasa dengan itu dan akan terelihat silau atau susah untuk memandang kearah cahaya itu, dan mereka akan lebih jelas melihat bayangan itu daripada cahayanya. Dia perlu waktu untuk terbiasa melihat dunia diluar gua. Dan akhirnya ketika sudah terbiasa dia melihat dunia yang berbeda dengan yang ada digua yang selama ini dia lihat, dan ketika dia melihat kedalam gua lagi dia akan mengeahui bahwa ternyata yang selama ini dia lihat adalah refleksi dari bayangan manusia atau sesuatu yang disinari cahaya yang masuk kedalam gua tersebut.

Maka dari itu berdasarkan alegori diatas realitas yang tampak ini adalah sebuah bayangan atau refleksi dari alam ide atau realitas yang sesungguhnya. dan manusia banyak yang masih terikat dialam ini sehingga menganggap dunia yang nampak yang sekarang kita diami ini adalah sebagai realitas yang sesungguhnya. oleh karena itu untuk bisa mencapai realitas yang sesungguhnya kita harus melepas belenggu-belenggu yang ada pada kita yang merantai dan menahan kita untuk melihat kedalam dunia yang hakiki. Karena setelah kita melepas belenggu-belenggu ini baru kita bisa mengetahui realitas tadi serta mencapai pengetahuan yang tinggi dan mengetahui bahwa yang selama ini kita lihat didunia yang tampak ini adalah hanya sebuah refleksi atau bayangan dari realitas yang tinggi.


[1] Samuel Enoch Stumpf Philosophy History and Problems (United State of America: McGraw-Hill Inc, 1971) hlm 48.

[2] Dr. Amroeni Drajat, M.A Suhrawardi krikit falsafah peripatetic (Yogyakarta, LKis , 2005) hlm 79.

 
Leave a comment

Posted by on January 13, 2013 in Philosophy

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: